Yuk Buat Kenyang Perut dengan Makanan Daerah Bali yang Pastinya Lezat Banget

11:15 PM
kuliner bali

Sebelumnya indonesia memang memiliki kelebihna baik di dalam kuliner maupun wisata. Dimana mana pasti banyak kuliner.

Menjadi banyak incaran semua orang ketika sedang lapar. Makanan memaang selalu bisa menambahkan mood semua orang. 

Ketika kalian ada di berkunjung maupun bertempat tinggal di daerah indonesia pastikan kalian sudah mencoba makanan yang ada di setiap daerah. Untuk makanan khas daerah memang sangat berbeda cita rasanya dengan makanan yang lain.

Kuliner Bali

Apalagi berbicara soal kuliner bali. Memang bali sering kalian kunjungi tapi tahukah kalian tentang makanan khas dan wajib untuk dicoba? 

Makanan khas bali ini juga sangat banyak disukai oleh wisatawan mancanegara maupun dalam negeri.

Jadi nggak perlu bingung mau makan apa di bali. Makanan yang menjadi khas bali tentu memiliki cita rasa yang sangat enak dan unik.

Inilah beberapa makanan khas bali yang wajib kamu coba dan unik lho!

1. Ayam Betutu 


Siapa yang belum mendengar Ayam Betutu? Menu ini tidak boleh dilewatkan dalam daftar wisata kuliner kalian di Bali. Karena makanan Bali ini sudah khas.

Jika kamu pencinta masakan pedas, bersedialah untuk suka dengan Ayam Betutu yang berlimpahkan rempah-rempah tekstur pedas dan itu akan membuat kamu ketagihan!

Keuniknya lagi, bumbu tersebut dimasukan ke bagian dalam perut ayam kampung. Lalu dagingnya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang menggunakan bara api sekam yang memakan waktu hingga 24 jam, agar bisa menghasilkan rasa gurih, lembut dan pedas.

Oh ya, Betutu ini tidak selalu identik dengan daging ayam, ada juga lho yang menggunakan bebek.

Rekomendasi untuk kalian yang ingin mencoba ada di Ayam Betutu Men Tempeh, Gilimanuk,  Ayam Betutu Khas Gilimanuk, dan Ayam Betutu Liku.

Untuk salah satu alamatnya tempat makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk ada di  Jalan Raya Tuban No.2X, Kabupaten Badung, Bali.

2. Sate Lilit 


Berbeda dengan sate pada umumnya yang dagingnya ditusuk, Seperti namanya sate Lilit dibuat dengan cara di lilit. Sebelumnya, daging akan dicincang halus terlebih dahulu dan di ramu dengan bumbu Bali.

Kemudian, di lilitkan di batang daun serai atau tangkai bambu. Rasanya di jamin empuk dan gurih! Terlebih pada sate lilit yang menggunakan batang daun serai, kamu akan mencium bau wangi yang sedap.

Pada umumnya daging yang digunakan, antara lain daging ayam, babi, ataupun ikan tenggiri. Namun, sate lilit dengan daging ikan tenggiri lah yang menjadi primadona di Bali.

Cita rasanya sendiri sangat menarik dan enak sangat patut untuk dicoba. Rekomendasi tempat sate lilit ada di berbagai rumah makan khas Bali, restoran, pasar tradisional, maupun pedagang makanan pinggir jalan. 

Bahkan restoran terkenal seperti Bebek Tepi Sawah juga menghidangkan menu ini. Alamat dari restoran terkenal ini di Jalan Raya Goa Gajah, Br. Teges Peliatan, Ubud, Peliatan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

3. Nasi Campur Ayam Bali 


Jika tidak memiliki cukup waktu untuk mencicipi semua menu di atas, kamu bisa menikmati kuliner khas bali dalam satu piring, loh!

Sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam siap untuk disantap menemani nasi putih hangat. Nikmati kelezatan Nasi Campur Ayam Bali, ketika kalian mencampurnya dengan sambel matah dan sambel embe khas Bali.

Menariknya menu ini selalu tampil dengan lauk yang bervariasi di setiap rumah makan di Bali, misalnya ada yang menghidangkannya dengan ayam betutu, telur sambal tomat, kulit ayam goreng, daun umbi pedas, ikan pindang, maupun taburan kacang tanah goreng.

Rekomendasi makanan ini ada di Warung Men Weti, Sanur, Alamatnya di Jl. Pantai Sindu, Sanur, Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali.

Bagaimana sudah mencoba semuanya atau salah satunya? Pastikan juga kalian menikmati liburan kuliner bali.





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »