5 Makanan Khas Jogja Selain Gudeg Ini Ternyata Enak Banget Wajib di Coba

12:33 AM
makanan khas jogja

Selain banyak wisata dan tempat belanja murah, Jogja juga memiliki banyak wisata kuliner enak dan wajib kamu coba.

Ngomongin makanan mungkin banyak yang mengenal jogja dengan kebudayaannya yang sangat banyak tetapi kali ini kita membahas kuliner jogja yang wajib kamu coba.

Nah, ngomongin makanan khas Jogja, makanan pertama yang muncul di otak sudah pasti gudeg kan? Memang benar, tetapi tahu nggak kalau ternyata selain gudeg masih ada lagi makanan yang juga enak dan wajib dicoba.

Salah satu makanan yang wajib kalian coba adalah magut lele, makanan ini memang sangat terkenal dengan cita rasa bumbu yang enak.Mau tau selebihnya? Simak berikut ini!

1. Mangut Lele Mbah Marto



Kalau selama ini kamu tau lele hanya disajikan pecel lele aja, maka salah kali ini berbeda di Jogja. Di jogja, lele nggak hanya digoreng aja, tapi juga diolah menjadi mangut.

Seperti yang ada di rumah makan Mangut Lele Mbah Marto yang ada di di Jalan Parangtritis, tepatnya di belakang Institut Seni Indonesia.

Penengolahnya  bisa dibilang unik, karena masih diasap dengan kayu bakar, kemudian dicampur dengan santan dan cabai yang membuat masakan ini berwarna merah dan menggoda. Belum lagi dengan taburan petai di atasnya. Sudah pasti membuat banyak mata terpesona.

Menemukan tempat ini memang butuh perjuangan, karena lokasinya yang masuk gang. Meskipun begitu, rumah makan mangut ini banyak penggemarnya loh.. bahkan artis pun sering makan di sini.

Nah, kalau mau cobain, rumah makan ini buka mulai dari jam 11 siang sampai jam 4 sore. Satu porsinya sendiri dihargai mulai dari Rp 20.000 aja. Bagaimana terjangkau bukan? Ajak keluarga maupun teman untuk menikmati makanan ini yah..!


2. Tengkleng Gajah Jogja



Tengkleng gajah di sini bukan dibuat dari daging gajah, kok! Tengkleng gajahnya dibuat dari bahan dasar daging kambing. Dinamakan tengkleng gajah karena disajikannya dalam porsi besar.

Di sini ada dua jenis tengkleng yang ditawarkan, yaitu tengkleng tongseng (kuah) dan goreng (kering) yang dijual seharga Rp 30.000 per porsinya. Bagaimana terjangkau juga bukan?

Lokasinya ada di Jakal atau Jalan Kaliurang. Sama halnya dengan mangut tadi, untuk menemukan tengkleng gajah ini kamu juga harus sedikit berusaha karena letaknya yang ada di pedesaan. Menu lain yang juga ditawarkan di sini adalah gulai dan sate.

3. Mie Ayam Tumini



Siapa yang penggemar mie ayam? Ini dia menu khas Jogja yang harus kamu coba saat berada di sana. Namanya Mie Ayam Tumini. Letaknya ada di Jalan Imogiri Timur No 187. Kuahnya yang kental dan pekat inilah yang membedakan mie ayam Tumini berbeda dengan mie ayam lainnya.

Rasa dari kuahnya bisa dibilang sempurna, dengan perpaduan rasa manis dan gurihnya yang pas. Dan kamu bisa memilih porsi biasa ataupun jumbo. Untuk satu satu porsinya dijual dengan harga dibawah Rp 15.000.

Bagaimana murah, bukan? Tetapi ada beberapa syarat untuk kamu yang datang kesini yaitu harus bersabar dalam mengantre lama.

4. Belalang Goreng



Memang makanan ini nggak biasa tetapi makanan ini sangat banyak di serbu orang loh..! Jika kamu ingin mencoba kamu harus pergi ke kawasan Gunungkidul. Di sana kamu akan menemukan camilan aneh yang banyak dijual masyarakat, yaitu belalang goreng.

Benar, ini adalah makanan belalang yang digoreng sampai kering, yang rasanya gurih, dan bisa dinikmati seluruh bagian tubuhnya.

Untuk harganya juga murah, karena dijual Rp 20.000 per bungkusnya. Mengingat kalau camilan ini adalah makanan tinggi protein, sebaiknya jangan dicicipi jika kamu punya memiliki penyakit alergi.


5. Oseng Mercon Bu Narti



Suka makanan pedas? kamu wajib berkunjung ke warung Oseng Mercon Bu Narti yang ada di Jalan KH.Ahmad Dahlan, Ngampilan.

Di sini kamu akan menikmati sajian oseng yang berisi kulit, lemak, kikil, dan tulang muda yang dimasak dengan bumbu super pedas yang bisa bikin lidah kamu meledak dan terbakar.

Ini alasannya kenapa dinamakan oseng mercon. Warung ini buka mulai jam 5 sore sampai jam 11 malam. Untuk menikmati seporsi oseng mercon ini kamu cukup membayar Rp 20.000 saja. Untuk kamu juga bisa lho.. membeli versi kemasannya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Bagaimana sudah berfikir untuk mencoba? Dan jangan lupa untuk menikmati makanan lainnya di jogja.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »